Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Pahlawan Nasional Indonesia Jenderal Basuki rahmat

pahlawannasionalindonesiajenderalBasukirahmat

 

Basuki rahmat terlahir di tuban, jawa timur, 4/11/1921 – wafat  di jakarta, 8 /1/1969 pada usia 47 th. ) yaitu seorang politikus dan jenderal indonesia. Basuki rahmat  yaitu seorang pahlawan nasional indonesia.

Karier militer Basuki rahmat

Sebelum menjadi prajurit militer, sesungguhnya basuki muda pingin jadi guru sampai melanjutkan pendidikannya di sekolah guru muhammadiyah di yogyakarta. walau demikian jalur hidup membuat Basuki rahmat mengikuti pelatihan  pembela tanah air. selepas pelatihan Basuki rahmat ditugaskan di pacitan dengan pangkat komandan pelopor  (shodancho).

Pada era perjuangan kemerdekaan indonesia, Basuki rahmat  juga turut serta dalam pembentukan BKR (badan keamanan rakyat)  maospati di jawa timur. Bakat kepemimpinan Basuki rahmat  yang menonjol buat ia ditunjuk di batalyon 2 resimen 31 divisi 4 ronggolawe sebagai komandan  dan lantas ditunjuk pada batalyon 16 brigade V divisi i jawa timur sebagai komandan.

Pada masa orde baru, didalam posisi pemerintahan ia  sempat mandapat jabatan sebagai menteri veteran letnan didalam kabinet dwikora yang dipimpin presiden Soekarno pada tahun 1964-1966. ia juga adalah di antara saksi kunci peristiwa supersemar bersama  jenderal m. jusuf  dan jenderal amirmachmud.

Pada bulan April 1966, Basuki Rahmat diangkat menjadi Mendagri . Tugas yang berikan padanya tak main-main, Basuki Rahmat ditugaskan untuk memenangkan Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) di Irian Barat.

Atas jasa-jasa beliau pada negara Indonesia, Jenderal TNI Anumerta Basuki Rahmat diberikan gelar Pahlawan Nasional berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI No. 10/TK/Tahun 1969, tanggal 9 /1/1969.

Basuki rahmat  wafat pada 8 /1/1969 disebabkan serangan jantung dan dimakamkan di tmp kalibata, jakarta keesokan harinya.

Sebagai penghargaan terhadap jasa-jasanya terhadap Republik Indonesia nama besar Jenderal Basuki rahmat sering digunakan sebagai nama jalan di daerah-daerah Republik Indonesia.

 

 

←More from B

↑ Kembali ke Atas