Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Pahlawan Teungku Chik di Tiro

Biografi Pahlawan Teungku Chik di Tiro Biografi Pahlawan Teungku Chik di TiroBerbicara tentang masalah jasa-jasa para pahlawan yang ikut berjuang dalam mempertahankan kesatuan negara republik Indonesia sewaktu di jajah oleh para penjajah, memang tidak akan pernah da habisnya kita mengupas jasa-jasa yang telah di torehkan oleh mereka yang sudah gugur demi kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia. Berbicara pahlawan nasional yang berjuang melawan penjajah di provinsi nagro aceh darussalam, Teungku Chik di Tiro adalah salaha satu pahlawan kemerdekaan Indonesia. Beliau lahir di Pidie Aceh Januari 1891.

Beliau adalah salah satu pemuka agama yang sangat terkenal di Aceh.Ketika ia menunaikan ibadah haji di Mekkah, ia memperdalam lagi ilmu agamanya. Selain itu tidak lupa ia menjumpai pimpinan-pimpinan Islam yang ada di sana, sehingga ia mulai tahu tentang perjuangan para pemimpin tersebut dalam berjuang melawan imperialisme dan kolonialisme. Sesuai dengan ajaran agama yang diyakininya, Muhammad Saman sanggup berkorban apa saja baik harta benda, kedudukan, maupun nyawanya demi tegaknya agama dan bangsa. Keyakinan ini dibuktikan dengan kehidupan nyata, yang kemudian lebih dikenal dengan Perang Sabil.
Dengan Perang Sabilnya, satu persatu benteng Belanda dapat direbut. Begitu pula wilayah-wilayah yang selama ini diduduki Belanda jatuh ke tangan pasukannya. Pada bulan Mei tahun 1881, pasukan Muhammad Saman dapat merebut benteng Belanda Lam Baro, Aneuk Galong dan lain-lain. Belanda merasa kewalahan akhirnya memakai “siasat liuk” dengan mengirim makanan yang sudah dibubuhi racun. Tanpa curiga sedikitpun ia memakannya, dan akhirnya Muhammad Saman meninggal pada bulan Januari 1891 di benteng Aneuk Galong.

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

←More from C

↑ Kembali ke Atas