Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

Biografi Pahlawan Nasional Tjilik Riwut Biografi Pahlawan Nasional Tjilik Riwutjangan sekali-kali melupakan sejarah, adalah sebuah pepatah yang sangat perlu untuk kita dalami lagi makna yang terkandung didalamnya. Memang benar, kita sekarang bisa berdiri bebas di bumi pertiwi indonesia ini adalah berkat usaha dari para pahlawna nasional indonesia pada jaman dahulu di masanya yang berjuang sampai tetes darah penghabisan yang terkahir untuk kemerdekaan bumi pertiwi kita. Nah, dikesempatan kali ini, saya ingin memberikan informasi kepada anda tentang pahlawan nasional berikutnya yakni pahlawan Tjilik riwut yang dilahirkan di kaliantan tengah pada tanggal 2 februari 1918.

Tjilik Riwut (lahir di Kasongan, Katingan, Kalimantan Tengah, 2 Februari 1918 – meninggal di Rumah Sakit Suaka Insan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 17 Agustus 1987 pada umur 69 tahun) adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia dan Gubernur Kalimantan Tengah. Tjilik Riwut adalah salah satu putera Dayak yang menjadi KNIP. Waktu itu Pemerintah RI masih di Yogyakarta dan pangkat Tjilik Riwut adalah Mayor TNI. Tjilik Riwut adalah salah seorang yang cukup berjasa bagi masuknya pulau Kalimantan ke pangkuan Republik Indonesia. Sebagai tentara, pengalaman perangnya meliputi sebagian besar pulau Kalimantan dan Jawa. Setelah perang usai, Tjilik Riwut aktif di pemerintahan. Tjilik Riwut telah menulis sejumlah buku mengenai Kalimantan: Makanan Dayak (1948), Sejarah Kalimantan (1952), Maneser Panatau Tatu Hiang (1965,stensilan, dalam bahasa Dayak Ngaju), Kalimantan Membangun (1979).

Tjilik Riwut adalah salah seorang yang cukup berjasa bagi masuknya pulau Kalimantan ke pangkuan Republik Indonesia. Sebagai seorang putera Dayak ia telah mewakili 142 suku Dayak pedalaman Kalimantan bersumpah setia kepada Pemerintah RI secara adat dihadapan Presiden Sukarno di Gedung Agung Yogyakarta, 17 Desember 1946.

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

, ,
←More from T

↑ Kembali ke Atas