Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Pahlawan Nasional Iswahyudi

Biografi Pahlawan Nasional Iswahyudi 119x150 Biografi Pahlawan Nasional IswahyudiBerjumpa lagi di kesempatan kali ini, dikesempatan kali ini, perkenankanlah saya untuk kembali mengupas Iswahyudi sebagai nama pahlawan Indonesia. Dikesempatan kali ini, saya ingin berbincang tentang seorang pahlawan yang bernama Marsda Anumerta Iswahyudi yang merupakan anak bangsa yang di lahirkan di jawa timur tanggal 15/7/1918 yang meninggal, gugur dalam perjuangannya melawan penjajah di usia nya yang terbilang masih sangat muda, 29 tahun bersama-sama dengan  Abdulrachman Saleh, Adisutjipto, dan Husein Sastranegara, Iswahyudi dikenal sebagai perintis TNI AU Indonesia.

Pada awal tahun 1947, beliau diangkat sebagai Komandan Lanud Maospati di Madiun dengan dibantu oleh Nurtanio dan Wiweko Soepono. Pada tahun 1947,  Iswahyudi kembali diberikan tugas sebagai Komandan di Lanud Gadut di Bukittinggi.

Marsekal Madya Iswahyudi meninggal di Tanjung Hantu, Malaysia, 14 /12/1947 karena pesawat yg ia piloti jatuh tertembak. Namun Jenazah Iswahyudi tidak ditemukan hingga saat ini.

Namun Secara simbolis sebagai bentuk penghargaan terhadap Marsekal Madya Iswahyudi atas perjuangannya hingga detik-detik terakhir maka ditempatkan di makam pahlawan di TMP Kalibata. Pada 10/11/1960, pemerintah Republik Indonesia mengabadikan nama Marsekal Madya Iswahyudi dengan mengganti nama Lanud Maospati berganti nama menjadi Bandara Iswahyudi, di Madiun.

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

↑ Kembali ke Atas