Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Pahlawan Nasional Indonesia : Juanda Kartawijaya

Biografi Pahlawan Nasional Indonesia Juanda Kartawijaya

Ir.H. Juanda merupakan anak pertama Raden Kartawidjaja, seorang guru HIS, dan Nyi Mona. Pendidikan dasar diselesaikan di HIS, kemudian Europesche Lagere School (ELS) dan tamat tahun 1924. Selanjutnya, beliau meneruskan ke Hogere Burger School (HBS) di Bandung dan lulus tahun 1929. Pada tahun yang sama masuk ke Technische Hoogeschool te Bandoeng (THS), kini ITB, mengambil jurusan teknik sipil dan lulus tahun 1933. Saat itu, Juanda Iebih memilih mengajar di sekolah Muhammadiyah di Jakarta daripada menjadi asisten dosen di THS dengan gaji besar.

Juanda kemudian bekerja di Jawatan Irigasi Jawa Barat. Selain itu, ia juga aktif sebagai anggota Dewan Daerah Jakarta. Setelah Proklamasi 17 Agustus 1945, tepatnya pada 28 September 1 945, Juanda memimpin para pemuda mengambil alih Jawatan Kereta Api dari Jepang, disusul Jawatan Pertambangan, kotapraja, karesidenan, dan obyek-obyek militer di Utara Bandung.

Pemerintah RI kemudian mengangkat Juanda sebagai Kepala Jawatan Kereta Api wilayah Jawa dan Madura. Setelah itu, beliau menjabat Menteri Perhubungan. Selanjutnya, berbagai jabatan menteri juga pernah beliau emban. Juanda sempat ditangkap tentara Belanda saat Agresi Militer II dan dibujuk agar bersedia ikut dalam pemerintahan Negara Pasundan. Namun, beliau menolak tegas.

Juanda beberapa kali terlibat dalam perundingan dengan Belanda. Dalam Perundingan KMB, ia bertindak sebagai Ketua Panitia Ekonomi dan Keuangan Delegasi Indonesia. Prestasi beliau yang paling dikenang adalah Deklarasi Juanda yang beliau keluarkan saat menjabat perdana menteri pada 13 Desember 1957.

Deklarasi Juanda memperluas batas territorial perairan Indonesia dari 3 mil menjadi 12 mil laut yang ditarik dari titik pulau-pulau terluar Indonesia saat surut. Luas wilayah Republik Indonesia bertambah 2,5 kali lipay dari 2.027.087 km2 menjadi 5.193.250 km2. Deklarasi ini diterima dan ditetapkan dalam Konvensi Hukum Laut PBB ke III tahun 1982. Dipertegas kembali dengan UU nomor 17 Tahun 1985 bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan. Pada tahun 1999, tanggal 13 desember ditetapkan sebagai Hari Nusantara.

Tempat/Tgl. Lahir : Tasikmalaya, 14 Januari 1911
Tempat/Tgl. Wafat : Jakarta, 7 November 1963
SK Presiden : Keppres No. 244/TK/1963, Tgl. 29 November 1963
Gelar : Pahlawan Nasional

Tokoh yang pernah menjabat sebagai menteri muda, menteri, dan perdana menteri dan tahun 1946-1963 sehingga disebut sebagai ‘menteri marathon’ oleh pers ini meninggal tanggal 7 November 1963. Juanda dimakamkan di TMP Kalibata

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

↑ Kembali ke Atas