Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo

Biografi Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo Biografi Pahlawan Nasional Frans KaisiepoDikesempatan yang lalu, kita juga telah membahas beberapa pahlawan yang berasal dari luar daerah pulau jawa. Memang dengan banyaknya kepulauan di indonesia, membuat banyak sekali pahlawan-pahlawan nasional dari indonesia yang berasal dari berbagai penjuru tanah air yang dahulu juga ikut berperan serta dalam memperjuangkan kemerdekaan negara republik indonesia (NKRI), dengan semakin banyaknya pahlawan yang berasal dari berbagai pelosok penjuru negeri, membuktikan bahwa indonesia adalah satu kesatuan yang sangat erat di bidang pertahanan.

rasa kebhineka tunggal ikaan sudah terasa cukup sangat kental smenejak dahulu. Nah, kali ini saya ingin membahas tentang pahlawan nasional indonesia yang berasal dari papua, yang sekarang mungkin bukan bagian dari negara kesatuan republik indonesia, namun tak ada salahnya untuk kita bahas, karena beliau dahulu jugmenjadi bagian dari kehidupan NKRI.

Frans Kaisiepo (lahir di Wardo, Biak, Papua, 10 Oktober 1921 – meninggal di Jayapura, Papua, 10 April 1979 pada umur 57 tahun) adalah pahlawan nasional Indonesia dari Papua.

Frans terlibat dalam Konferensi Malino tahun 1946 yang membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua. Ia mengusulkan nama Irian, kata dalam bahasa Biak yang berarti beruap. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Papua antara tahun 1964-1973.
Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cendrawasih, Jayapura. Untuk mengenang jasanya, namanya diabadikan sebagai nama Bandar Udara Frans Kaisiepo di Biak.

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

↑ Kembali ke Atas