Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi pahlawan Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo

Dr.Cipto Mangunkusumo

Berikutnya, kita akan mengupas tentang biografi pahlawan nasional yang bernama lengkap Tjipto Mangoenkoesoemo atau yang lebih kita kenal dengan Dr. Cipto Mangunkusumo lahir di Ambarawa semarang. Beliau adalah salah satu anggota dari tiga serangkai yang sering kita kenal yang banyak sekali dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia dengan menyebarluaskan ide pemerintahan sendiri dan kritis terhadap pemerintahan penjajahan belanda.

Beliau adalah satu tokoh dalam organisasi pemuda Indische Partij. Dr. Cipto Mangunkusumo adalah putera tertua dari Mangunkusumo, seorang priyayi rendahan dalam struktur masyarakat Jawa. Karier Mangunkusumo diawali sebagai guru bahasa Melayu di sebuah sekolah dasar di Ambarawa, kemudian menjadi kepala sekolah pada sebuah sekolah dasar di Semarang dan selanjutnya menjadi pembantu administrasi pada Dewan Kota di Semarang. Sementara, sang ibu adalah keturunan dari tuan tanah di Mayong, Jepara.

Meskipun keluarganya tidak termasuk golongan priyayi birokratis yang tinggi kedudukan sosialnya, Mangunkusumo berhasil menyekolahkan anak-anaknya pada jenjang yang tinggi. Dr. Cipto Mangunkusumo beserta adik-adiknya yaitu Gunawan, Budiardjo, dan Syamsul Ma’arif bersekolah di Stovia, sementara Darmawan, adiknya bahkan berhasil memperoleh beasiswa dari pemeintah Belanda untuk mempelajari ilmu kimia industri di Universitas Delf, Belanda. Si bungsu, Sujitno terdaftar sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Hukum di Jakarta.

Nama Dr. cipto mangunkusumo sekarang ini lebih kita kenal sebagai salah satu nama rumah sakit di Indonesia dan juga nama beliau banyak dipergunakan sebagai nama jalan hampir diseluruh wilayah di Indonesia.

←More from C

↑ Kembali ke Atas