Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Pahlawan Nani Wartabone

Biografi Pahlawan Nani Wartabone

Nani Wartabone berasal dari keluarga pejabat pemerintahan Belanda. Ibunda beliau adalah seorang bangsawan. Namun, rasa nasionalisme tetap tumbuh kuat di dalam jiwanya. Beliau mulai aktif memperjuangkan Indonesia sejak bersekolah di Surabaya. Beliau kemudian mendirikan organisasi Jong Gorontalo di Surabaya. Pada tahun 1928, Nani kembali ke Gorontalo dan membentuk perkumpulan tani (hulanga). Kepada para anggota hulanga ditanamkan rasa kebangsaan. Beliaujuga mendirikan cabang PNI dan Partindo. Setelah kedua organisasi itu dibubarkan, Nani Wartabone aktif di Muhammadiyah.

Nani Wartabone kemudian mendengar Jepang telah menduduki Manado. Orang-orang Belanda melarikan diri ke Poso. Hal ini membuat orang Belanda di Gorontalo menjadi ketakutan dan bersiap pergi dengan terlebih dahulu melakukan bumi hangus. Beliau merasa waktu perlawanan terhadap Belanda telah tiba.

Pada tanggal 22 Januari 1942, Belanda membakar kapal motor Kalio dan gudang kopra di pelabuhan. Mengetahui hal ini, Nani Wartabone menyiapkan senjata dan para pemuda. Jumat pagi, 23 Januari 1942, pasukan yang dipimpin langsung oleh Nani Wartabone berangkat dari Suwawa menuju Gorontalo. Sepanjang perjalanan, banyak rakyat ikut bergabung. Pukul 09.00 pagi semua pejabat Belanda di Gorontalo berhasil ditangkap. Setelah itu, Nani memimpin rakyat menurunkan bendera Belanda dan mengibarkan bendera Merah Putih.

Ketika Jepang berkuasa di Indonesia, Nani Wartabone ditangkap dan dipenjara di Manado hingga Juni 1944. Beliau kembali dipenjara dan dipindahkan ke Morotai, lalu ke penjara Cipinang, Jakarta, karena menolak menyerahkan kekuasaan kepada Australia sebagai wakil Sekutu. Beliau dibebaskan pada tanggal 23 Desember 1949. Sebelum meninggal, beliau pernah menjabat sebagai Residen Koordinator Sulawesi Utara, anggota DPR Gotong Royong, anggota Dewan Perancang Nasional, dan anggota MPRS.

  • Tempat/Tgl. Lahir :  Gorontalo, 30 April 1907
  • Tempat/Tgl. Wafat :  Gorontalo, 3 Januari 1986
  • SK Presiden : Keppres No. 085/TK/2003, Tgl. 6 November 2003
  • Gelar : Pahlawan Nasional

Inilah cuplikan isi pidato Nani Wartabone.

“Pada hari ini, 23 Januari 1942, kita bangsa Indonesia yang berada disini sudah merdeka, bebas, lepas dari penjajahan bangsa manapun juga. Bendera kita adalah Merah Putih, lagu kebangsaan kita adalah Indonesia Raya, pemerintahan Belanda telah diambil alih oleh pemerintahan nasional”

Nani Wartabone

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

↑ Kembali ke Atas