Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Pahlawan Andi Mappanyukki

Pahlawan Andi Mappanyukki

Pahlawan Nasional berikutnya yang akan saya bahas adalah Andi Mappanyukki yang lahir di Sulawesi Selatan 1885. Beliau adalah salah seorang putra raja dari Gowa ke XXXIV. Semenjak beliau berusia 20 tahun, Andi Mappanyukki sudah ikut berjuan gdalam memerdekakan negara Indonesia dengan ikut bertempur melawan penjajahan belanda yang waktu itu ia mempertahankan di pertahanan kerjaaan Gowa.

Dan pada tahun 1931 ia diangkat menjadi raja Bone dengan gelar Andi Mappayukki Sultan Ibrahim. Karena dari semenjak Andi Mappanyukki berusia 20 tahun sudah berupaya untuk menolak dna mengusir belanda dari Gowa, mengakibatkan beliau diturunkan dari raja Bone oleh kekuasaan dan kekuatan Belanda yang ada di Bone, dan kemudian ia diasingkan bersama istrinya dan putrinya di Tana toraja selama kurang lebih 3,5 tahun.Beliau Mangkat pada tanggal 18 April 1967 di Jongaya (Jl. Kumala no.160 Makassar dan masih terjaga dan terawat sampai sekarang sebagai Rumah Ex. Raja Bone Andi Mappanyukki), dimana daerah beliau juga dilahirkan.

Makamnya tidak diletakkan di pemakaman raja-raja Gowa atau Bone lazimnya, tetapi oleh masyarakat dan pemerintah Republik Indonesia Makamnya Andi Mappanyukki di letakkan di Taman makam Pahlawan Panaikang Makassar (Ujung Pandang) dengan upacara kenegaraan.

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

,
←More from A

↑ Kembali ke Atas