Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Laksamana Muda John Lie

Biografi Laksamana Muda John Lie Biografi Laksamana Muda John LieBerjumpa lagi dikesemaptna kali ini, dikesemaptan kali ini, say aingin berbagi tips dan informasi kepada anda tentang seputar pahalwan indonesia yang mempunyai darah belsteran. beliau bernama Laksamana Muda TNI (purn) John Lie.

meninggal di Jakarta, 27 Agustus 1988 pada umur 77 tahun) adalah salah seorang perwira tinggi di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut dari etnis Tionghoa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Semula ia bertugas di Cilacap dengan pangkat Kapten. Pada masa awal (tahun 1947), ia pernah mengawal kapal yang membawa karet 800 ton untuk diserahkan kepada Kepala Perwakilan RI di Singapura, Utoyo Ramelan. Senjata yang mereka peroleh lalu diserahkan kepada pejabat Republik yang ada di Sumatera seperti Bupati Riau sebagai sarana perjuangan melawan Belanda. Di pengadilan di Singapura ia dibebaskan karena tidak terbukti melanggar hukum. Pada awal 1950 ketika ada di Bangkok, ia dipanggil pulang ke Surabaya oleh KSAL Subiyakto dan ditugaskan menjadi komandan kapal perang Rajawali. Pada masa berikut ia aktif dalam penumpasan RMS (Republik Maluku Selatan) di Maluku lalu PRRI/Permesta.

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

←More from J

↑ Kembali ke Atas