Pahlawan Indonesia

PahlawanIndonesia.com didedikasikan untuk Rakyat Indonesia agar lebih mengenal siapa tokoh dibalik berdirinya Republik Indonesia

Biografi Brigjen Katamso

Biografi Brigjen Katamso

Katamso Darmokusumo adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang terbunuh dalam peristiwa G.30S/PKI, tetapi tidak bersama para jenderal lain nya di Jakarta, melainkan di Yogyakarta, sekalipun dalam hari dan peristiwa yang sama. Usai menamatkan pendidikan menengah, beliau melanjutkan pendidikan tentara Peta di Bogor, lalu diangkat menjadi shodanco di Solo. Setelah proklamasi kemerdekaan, Katamso bergabung dengan TKR dan dilantik menjadi komandan kompi di Klaten, lalu komanda kompi Batalyon 28 Divisi IV. Beliau juga ikut bertempur selama Agresi Militer Il Belanda berlangsung. Saat operasi militer memberantas pemberontakan PRRI/Permesta pada tahun 1958 berlangsung, Katamso bertugas bersama Ahmad Yani. Pada tahun 1963, Katamso menjabat sebagai Komandan Resort Militer (Korem) 072 Kodam VIl/Diponegoro di Yogyakarta. Beliau membina dan memberi bekal kemiliteran kepada resimen mahasiswa untuk menghadapi ancaman PKI.

Pada tanggal 1 Oktober 1965 di Yogyakarta, saat terjadi upaya kudeta Oleh Partai Komunis Indonesia dengan penculikan para jenderal di Jakarta, G.30 S/PKI melalui orang-orangnya di Yogyakarta pun berhasil memengaruhi sejumlah prajurit TNI serta menguasai RRI Jogjakarta, Markas Korem 072, dan mengumumkan pembentukan Dewan Revolusi. PKI juga menculik Katamso yang sangat menentang komunis, lalu membunuh beliau. Jasad beliau dimasukkan dalam sebuah lubang di daerah Kentungan. Jenazah Brigjen Katamso baru ditemukan 22 hari kemudian dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta.

  • Tempat/Tgl. Lahir: Sragen, 5 Februari 1923
  • Tempat/Tgl. Wafat: Yogyakarta, 1 Oktober 1965
  • SK Presiden: Keppres No. 118/KOTI/1965, Tgl. 19 Oktober 1965
    Gelar : Pahlawan Nasional

Kirim Komentarmu

Lainnya..

Powered by Facebook Comments

, ,
←More from K

↑ Kembali ke Atas